Pemikiran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa

Authors

  • Bagus Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Fathir Rahman Muzakhy Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

Abstract

Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam pembentukan karakter siswa, dengan mengintegrasikan nilai-nilai moral dan spiritual dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini membahas pemikiran pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa, mengkaji prinsip-prinsip dasar pendidikan agama Islam yang dapat diterapkan dalam proses pendidikan, serta tantangan yang dihadapi dalam implementasinya di dunia pendidikan modern. Pendidikan agama Islam bertujuan untuk membentuk individu yang memiliki iman, takwa, dan akhlak mulia, yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari. Pemikiran pendidikan agama Islam mencakup dua pendekatan utama, yaitu pendidikan agama Islam tradisional yang berfokus pada pengajaran kitab klasik dan pendidikan agama Islam modern yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai agama. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan agama Islam juga dibahas sebagai sarana untuk memfasilitasi proses pembelajaran yang lebih efektif dan menarik, serta mendukung pembentukan karakter siswa di era digital. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis konsep dan praktik pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter siswa yang berbudi pekerti luhur. Diharapkan artikel ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya pendidikan agama Islam dalam membentuk generasi yang berkualitas dan berkarakter

References

Akbar, A., & Ismail, H. (2018). Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 21. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5139

Anggraenie, B. T., Hanafiah, D., & Sa’diah, Y. N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings, 1(1), 42–49. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/14909

Azhari, J. F. (2018). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Deradikalisasi. Jurnal Subulana, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.47731/subulana.v1i2.15

Dharin, A. (2020). Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. 11(2016), 42–61.

Gea Aprilyada, Muhammad Akbar Zidan, Nurlia, Risna Adypon Ainunisa, & Widi Winarti. (2023). Peran Kajian Pustaka Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165–173.

Hanifah Salsabila, U., Wardi Yusro, Luthfianing widowati, Annisa Vidya Kemala, & Siti Mahmudah. (2023). Transformasi Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 8(01), 7–14. https://doi.org/10.54892/jmpialidarah.v8i01.261

Hidayat, R., Mujiburrahman, Habiburrahim, & Silahuddin. (2024). Metode Pembelajaran Pendidikan Islam. EL-Hadhary: Jurnal Penelitian Pendidikan Multidisiplin, 2(01), 34–47. https://doi.org/10.61693/elhadhary.vol201.2024.34-47

Isyah Radhiyah, Fenny Ayu Monia, & Ruwaida Ruwaida. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Lima Puluh Kota. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.59246/alfihris.v1i1.100

Kambali, K., Ayunina, I., & Mujani, A. (2019). TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KARATER SISWA DI ERA DIGITAL (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106

Mahmudah, I., & Hidayat, N. (2022). Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Siswa pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 859–868. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2014

Mufida, S., Tinggi, S., Islam, A., & Bengkalis, N. (2024). PT. Media Akademik Publisher PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA. Jma), 2(6), 3031–5220.

Rika Widianita, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sya’roni, M. (2022). Peran guru pendidikan agama islam dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 17 Lebong. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 133–154.

UMAR, B. (2016). Pengembangan Pemikiran Pendidikan Islam Dengan Pendekatan Tafsir Tematik. Ta’dib, 14(1), 95–102. https://doi.org/10.31958/jt.v14i1.201

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

artikel

Most read articles by the same author(s)