Konsep Definisi Ilmu Logika Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Filsafat Islam

Authors

  • Ahda Khilwa Sabrina Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Annisatun Nasfa Nurmarifah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Mar’atus Sholihah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Puji Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

Abstract

Penelitian ini mengkaji konsep definisi ilmu logika dan implikasinya dalam pembelajaran filsafat Islam. Logika sebagai ilmu tentang penalaran yang benar telah menjadi instrumen penting dalam tradisi filsafat Islam sejak masa al-Kindi, al-Farabi, Ibnu Sina, hingga era kontemporer. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis konsep definisi ilmu logika dalam perspektif filsafat Islam, (2) mengidentifikasi peranan ilmu logika dalam perkembangan filsafat Islam, dan (3) merumuskan implikasi konsep definisi ilmu logika terhadap pembelajaran filsafat Islam. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis pustaka terhadap karya-karya primer filsuf Muslim serta kajian sekunder tentang logika dan filsafat Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ilmu logika dalam filsafat Islam didefinisikan sebagai "ālat al-'ulūm" (instrumen ilmu pengetahuan) yang berfungsi sebagai standar kebenaran penalaran, (2) logika menjadi fondasi metodologis yang memungkinkan pengembangan berbagai cabang filsafat Islam, dan (3) pemahaman komprehensif terhadap konsep definisi ilmu logika berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran filsafat Islam melalui pengembangan kemampuan penalaran sistematis, analitis, dan kritis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran filsafat Islam yang lebih integratif dengan menempatkan logika sebagai instrumen fundamental

References

Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ISTAC. Al-Farabi. (1968). Ihsā' al-'Ulūm (U. Amin, Ed.). Cairo: Dar al-Fikr al-Arabi.

Al-Ghazali. (1990). Mi'yār al-'Ilm (S. Dunya, Ed.). Cairo: Dar al-Ma'arif.

Al-Ghazali. (2000). Tahāfut al-Falāsifah (M. Bouyges, Ed.). Beirut: Dar al-Machreeq

Al-Jabiri, M. A. (2001). Bunyat al-'Aql al-'Arabi. Beirut: Center for Arab Unity Studies. Bakar, O. (1998). Classification of Knowledge in Islam. Cambridge: Islamic Texts Society.

Corbin, H. (1993). History of Islamic Philosophy (L. Sherrard, Trans.). London: Kegan Paul International.

Gutas, D. (1998). Greek Thought, Arabic Culture. London: Routledge.

Ibn Hazm. (1959). Al-Taqrīb li Ḥadd al-Mantiq (I. Abbas, Ed.). Beirut: Dar al-Hayat.

Ibn Khaldun. (2005). The Muqaddimah: An Introduction to History (F. Rosenthal, Trans.).

Princeton: Princeton University Press.

Ibn Rushd. (1983). Fasl al-Maqāl (M. Amarah, Ed.). Cairo: Dar al-Ma'arif.

Ibn Sina. (1956). Al-Ishārāt wa al-Tanbīhāt (S. Dunya, Ed.). Cairo: Dar al-Ma'arif.

Ibn Sina. (1965). Al-Shifā': Al-Mantiq (I. Madkour, Ed.). Cairo: Al-Hay'ah al-Ammah li Shu'un al-Matabi.

Ibn Taymiyyah. (2005). Al-Radd 'alā al-Mantiqiyyīn (A. S. al-Nashar, Ed.). Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Leaman, O. (2002). An Introduction to Classical Islamic Philosophy. Cambridge: Cambridge University Press.

Morewedge, P. (Ed.). (1979). Islamic Philosophical Theology. Albany: State University of New York Press.

Nasr, S. H. (1993). An Introduction to Islamic Cosmological Doctrines. Albany: State University of New York Press.

Nasr, S. H., & Leaman, O. (Eds.). (1996). History of Islamic Philosophy. London: Routledge.

Rahman, F. (1979). Islam (2nd ed.). Chicago: University of Chicago Press.

Rosenthal, F. (2007). Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medieval Islam.

Leiden: Brill.

Street, T. (2004). Arabic Logic. In D. M. Gabbay & J. Woods (Eds.), Handbook of the History of Logic (Vol. 1, pp. 523-596). Amsterdam: Elsevier.

Watt, W. M. (1985). Islamic Philosophy and Theology. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

artikel

Most read articles by the same author(s)