Analogi Sebagai Metode Berpikir Dan Kreatif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Silvia Rahayu Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Aulya Putri Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau, Indonesia
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

Abstract

Analogi bisa dibilang sebagai salah satu cara berpikir yang sering kita gunakan dalam belajar pendidikan agama Islam. Dengan mengaitkan konsep-konsep yang mungkin susah dipahami dengan hal-hal yang lebih akrab dalam kehidupan sehari-hari, pengajaran jadi lebih mudah dicerna. Artikel ini akan membahas bagaimana penerapan analogi dalam konteks pembelajaran pendidikan agama Islam bisa memberi dampak positif terhadap kreativitas dan pemahaman para siswa. Melalui pendekatan yang berbasis pada teori kognitif serta pendidikan Islam, artikel ini mengungkapkan bagaimana analogi bisa jadi jembatan yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan agama

References

Ismail, Fyaz M.D., ‘Important Fluorinated Drugs in Experimental and Clinical Use’, Journal of Fluorine Chemistry, 118.1–2 (2002), pp. 27–33, doi:10.1016/S0022-1139(02)002014

Shabriya, Annida Jihada, Ririn Nur Aidah, and Moh Faizin, ‘Konstruksi Berpikir Logis Dan Kritis Perspektif Sesat Pikir Atau Fallacy Dalam Pembelajaran PAI Abad 21’, 10.3(2024), pp. 1027–38

Sunarti, Sri, ‘Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan’, Jurnal Perspektif, 13.2 (2021), pp. 129–37, doi:10.53746/perspektif.v13i2.16

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

artikel

Most read articles by the same author(s)