Analogi Sebagai Metode Berpikir Dan Kreatif Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
Analogi bisa dibilang sebagai salah satu cara berpikir yang sering kita gunakan dalam belajar pendidikan agama Islam. Dengan mengaitkan konsep-konsep yang mungkin susah dipahami dengan hal-hal yang lebih akrab dalam kehidupan sehari-hari, pengajaran jadi lebih mudah dicerna. Artikel ini akan membahas bagaimana penerapan analogi dalam konteks pembelajaran pendidikan agama Islam bisa memberi dampak positif terhadap kreativitas dan pemahaman para siswa. Melalui pendekatan yang berbasis pada teori kognitif serta pendidikan Islam, artikel ini mengungkapkan bagaimana analogi bisa jadi jembatan yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan agama
References
Ismail, Fyaz M.D., ‘Important Fluorinated Drugs in Experimental and Clinical Use’, Journal of Fluorine Chemistry, 118.1–2 (2002), pp. 27–33, doi:10.1016/S0022-1139(02)002014
Shabriya, Annida Jihada, Ririn Nur Aidah, and Moh Faizin, ‘Konstruksi Berpikir Logis Dan Kritis Perspektif Sesat Pikir Atau Fallacy Dalam Pembelajaran PAI Abad 21’, 10.3(2024), pp. 1027–38
Sunarti, Sri, ‘Metode Mengajar Kreatif Dalam Menciptakan Pembelajaran Yang Menyenangkan’, Jurnal Perspektif, 13.2 (2021), pp. 129–37, doi:10.53746/perspektif.v13i2.16