Memahami Proposisi Dan Oposisi Dalam Berpikir Kritis

Authors

  • Rido Agustian Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Musthofa Husein Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau
  • Deassy Arestya Saksitha Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Kepulauan Riau

Abstract

Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh pentingnya kemampuan berpikir kritis dalam menghadapi kompleksitas informasi di era modern. Proposisi dan oposisi merupakan konsep dasar dalam logika yang memiliki peran krusial dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara mendalam bagaimana pemahaman terhadap proposisi dan oposisi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis seseorang. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumber data utama berasal dari buku-buku logika, filsafat, dan jurnal ilmiah yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman yang baik terhadap proposisi dan oposisi memungkinkan seseorang untuk menganalisis argumen secara lebih sistematis, mengidentifikasi kesalahan logika, dan membangun argumen yang lebih kuat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa proposisi dan oposisi merupakan alat penting dalam berpikir kritis yang perlu dipahami dan dikuasai oleh setiap individu

References

Copi, I. M., & Cohen, C. (2016). Introduction to logic. Pearson Education Limited.

Kahneman, D. (2011). Thinking, fast and slow. Farrar, Straus and Giroux.

"Critical Thinking and Education"

"Journal of Logic and Computation"

Aizid R. (2024). Logika Keilmuan, Anak Hebat Indonesia

Wikipedia Contributors. (2023). Proposisi, in Wikipedia, Ensklopedia Bebas

Patterson, F. (2011). Visualising the Critical Thinking Process Issnes, 36-41

Bassham et al (2011) Critical thinking: A student's introduction (4th ed.). New York: McGraw Hill..

Yusup Rohmadi dan Waryunah Irmawati ,Dasar-dasar Logika, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Surakarta, 2020,

Downloads

Published

2025-04-08

Issue

Section

artikel

Most read articles by the same author(s)